Berbagi Artikel Unik dan Menarik seputar Remaja

Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan

Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan » Hikmah Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan. Puasa adalah hal yang sangat wajib kita laksanakan sebagai umat islam, apalagi menunaikan ibadah puasa di bulan ramadhan.. bulan yang penuh rahmat dan penuh pengampunan. Jadi sebagai umat yang beragama islam, kita semua yang diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan full (bagi yang sudah balik, bagi anak-anak yang dibawah umur, tidak begitu diwajibkan berpuasa).

Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan

Selain berpuasa mendapatkan barokah dan pengampunan dosa dari Allah SWT, kita juga akan mendapatkan hikmah berpuasa di bulan suci ramadhan tersebut. Ingin tahu hikmah apa saja yang kita dapatkan dalam menjalani ibada puasa di bulan ramadhan?? di bawah ini bisa teman-teman baca dengan lengkap artikelnya di bawah ini ya.

» 8 Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan «

1#) Keseimbangan Dalam Hidup
Pada hakikatnya kita sebagai hamba Allah yang diperintahkan untuk beribadah. Namun sayang hanya karena hal duniawi seperti pekerjaan, hawa nafsu dan lain-lain kita sering melupakan kewajiban kita sebagai umat muslim. Pada bulan ramadhan ini kita dilatih untuk kembali mengingat dan melaksanakan seluruh kewajiban tersebut dengan imbalan pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT.

2#) Melatih Untuk Selalu Bersyukur
Dengan memakan yang hanya ada saat berbuka, kita menjadi lebih mensykuri nikmat yang kita miliki saat sedang tidak berpuasa. Sehingga kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dalam mensyukuri nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada hamba-hambanya.

3#) Melatih Disiplin Waktu
Untuk menghasilkan ibadah puasa yang tetap fit dan kuat di siang hari, maka tubuh kita memerlukan banyak istirahat yang cukup, hal ini membuat kita tidur lebih teratur demi lancarnya menjalankan ibadah puasa. Bangun untuk makan sahur dipagi hari juga melatih kebiasaan kita untuk bangun lebih pagi, untuk mendapatkan rejeki.

4#) Melatih Hidup Yang Sederhana
Ketika waktu berbuka puasa tiba, saat minum dan makan sedikit saja kita telah merasakan nikmatnya makanan yang sedikit itu, pikiran kita untuk makan banyak dan bermacam-macam sebetulnya hanya hawa nafsu kita saja.

5#) Mempererat Tali Silaturahmi & Peduli Pada Sesama
Dalam ajaran Islam ada persaudaraan sesama muslim, akan tampak jelas jika berada di bulan suci Ramadhan, Orang memberikan tajil berbuka puasa secara gratis. Shalat bersama di masjid, memberi ilmu islam dan banyak ilmu Islam di setiap ceramah dan diskusi keagamaan yang dilaksanakan di setiap Masjid.

6#) Berlatih Dalam Kesabaran & Ikhlas
Dalam Berpuasa di bulan suci Ramadhan kita dibiasakan menahan yang tidak baik untuk dilakukan. Misalnya seperti: marah-marah, berburuk sangka, dan dianjurkan sifat Sabar atas segala perbuatan orang lain kepada kita. Misalnya ada orang yang menggunjingkan kita, atau mungkin meruncing pada Fitnah, tetapi kita tetap Sabar karena kita dalam keadaan Berpuasa kepada Allah SWT.

7#) Lebih Berhati-Hati Dalam Perbuatan
Puasa Ramadhan akan terasa sempurna dan tidak sia-sia apabila selain menahan lapar dan haus, kita juga dapat menghindari keharaman mata, telinga, perkataan dan perbuatan. Latihan ini menimbulkan kemajuan positif bagi diri kita jika diluar bulan Ramadhan kita juga dapat menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan dosa seperti menggunjing orang lain, berkata kotor, berbohong, memandang yang dapat menimbulkan dosa, dan lainnya.

8#) Setiap Kegiatan Mulia Merupakan Suatu Ibadah
Setiap langkah kaki menuju masjid merupakan ibadah, menolong orang lain, berbuat adil pada sesama, tersenyum pada saudara, membuang duri di jalan, sampai tidurnya orang yang sedang berpuasa, sehingga segala sesuatu dapat dijadikan ibadah. Sehingga kita terbiasa hidup dalam ibadah. Artinya semua dapat bernilai ibadah di bulan suci ramadhan ini.

Itu dia teman-teman artikel yang bisa saya berikan tentang Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan yang semoga bermanfaat untuk kita semua yang sebentar lagi akan memasuki bulan yang pebuh berkah dan rahmat dari Allah SWT yakni "Bulan Suci Ramadhan". Di tulis Rizky Tok dari berbagai sumber.


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan

Posted by Rizky Tok, Published at 11:39 PM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment