Berbagi Artikel Unik dan Menarik seputar Remaja

Makanan Yang Sehat Untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Rizky Tok » Makanan Yang Sehat Untuk Sahur dan Berbuka Puasa. Mengkonsumsi makan-makanan yang sehat dan bergizi di saat waktu sahur dan buka puasa merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh kita, karna dengan memakan makanan yang sehat pas sahur dapat membuat ketahanan tubuh kita menjadi kuat dalam menjalankan ibadah puasa dan menjalankan segala aktifitas di bulan suci ramadhan. Sedangkan untuk menu berbuka puasa yang baik dan sehat, sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu berlebihan, agar perut kita yang seharian penuh sedang kosong diakibatkan berpuasa, ada baiknya kalian mengisi perut kalian di waktu berbuka puasa dengan segelah air teh hangat dan kolak.

Makanan Yang Sehat Untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Jadi ada baiknya untuk teman-teman memakan makanan yang bergizi ya di waktu sahur dan berbuka puasa yang kalian jalani, agar kondisi tubuh kita kembali normai dan fit setelah menunaikan ibadah puasa selama 1 hari penuh. Berikut ini ada beberapa tips dari Rizky yang bisa teman-teman baca dengan lengkap artikelnya di bawah. Silahkan dibaca juga Hikmah Berpuasa di Bulan Ramadhan.

* Makan di Saat Waktu Sahur:

1.) Utamakan meminum air putih dan buah-buahan, atau jus buah tanpa gula. Air kelapa juga boleh. Caranya minum air kelapa terlebih dahulu, dan karena sifat elektrolit di air kelapa, maka kita akan masih merasa haus baru dilanjutkan dengan minum air putih. Ketika tidur tubuh kita akan kehilangan berat 1 sampai 2 kg, dan itu adalah air. Jadi memulai puasa dengan restorasi cairan adalah langkah yang sangat baik.

2.) Pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini lebih 'tahan lama' dalam membuat gula darah menjadi stabil, sehingga mood kita menjadi relatif lebih baik lagi.

3.) Jangan lupakan serat, baik dari sayur ataupun buah-buahan. Selain membersihkan usus, serat merupakan 'sapu alami' yang membantu membersihkan sisa-sisa daging di sela usus kita.

4.) Pilih lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng, seperti zaitun, minyak kelapa atau flaxseed oil. Misalnya dalam bentuk sambal. Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar. Akan tetapi kalau diasup minyak gorengan, baik dari makanan siap saji yang dibeli semalam sebelumnya, atau menggoreng langsung, maka kita memasukkan radikal bebas ke dalam tubuh kita. Akibatnya manfaat puasa secara fisiologis akan menjadi berkurang.

* Makan di Saat Berbuka Puasa:

1.) Minumlah yang manis alami tanpa gula. Air kelapa, jus buah melon atau semangka dan buah lainnya. Hindari gula pasir karena akan menyebabkan efek yoyo pada timbangan nantinya di hari Raya, dan memberi dampak kesehatan yang kurang baik bagi kesehatan tubuh kita.

2.) Karbohidrat kompleks akan lebih baik plus makanan yang tidak digoreng. Nasi putih, dan makanan gorengan akan membuat ngantuk saat sholat tarawih. Gorengan mengikat oksigen darah mencapai 20%.

3.) Pasca berbuka puasa, konsumsi lagi air putih. Usahakan mulai buka puasa sampai tidur minimal masuk air 1 liter ke dalam tubuh kita.

* Contoh Menu Makan Sahur Yang Sehat:

1.) Masi merah dengan soto ayam, sambal minyak zaitun dan buah pisang.
2.) Bubur kacang hijau dengan gula aren dan telur setengah matang dengan 3 putih telur dan 1 kuning telur. Ditambah Buah jeruk.
3.) Bubur oatmeal dengan telur rebus dan irisan buah tomat.
4.) Sandwich, roti gandum dengan butter atau selai kacang. Telur setengah matang 3 putih dan 1 kuning. Dan Buah pepaya.

* Contuh Menu Berbuka Puasa Yang Sehat:

1.) Nasi merah dengan sate ayam dan buah pisang.
2.) Nasi merah dengan soto ayam dan buah jeruk.
3.) Spaghetti dengan saus tuna dan salad buah.

Demikian teman-teman beberapa tips yang bisa kami bagikan mengenai Makanan Yang Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa semoga bermanfaat ya artikelnya buat kalian yang ingin mengetahui makanan sehat apa saja yang baik dikonsumsi tubuh kita disaat waktu makan sahur dan berbuka puasa di bulan ramadhan. Disalin Rizky Tok dan sumber kompas.com.


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Makanan Yang Sehat Untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Posted by Rizky Tok, Published at 12:37 AM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment